Home > Berita Terkini > Himannomi UNS Gelar Semnas Pengusaha Kreatif dalam Bisnis Digital

Himannomi UNS Gelar Semnas Pengusaha Kreatif dalam Bisnis Digital

UNS – Perubahan terjadi begitu cepat, hingga kini kehidupan masyarakat sudah mencapai tahapan revolusi industri 4.0. Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (Himannomi) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar seminar nasional yang membahas tentang ekonomi bisnis di era digital. Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi bertempat di Aula Gedung F Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  UNS pada Sabtu (8/12/2018).
Seminar yang diselenggarakan oleh Himannomi FKIP UNS ini mengangkat tema “How To Be A Great Creativepreneur In Digital Business“. Materi seminar dibahas oleh para pembicara yang pakar dalam bidangnya, yaitu Wahyudi Sutopo selaku Dosen Teknik Industri UNS, Ang Erick Wirawan selaku Head of Sales and Partnership OVO, dan Tasya Kamila selaku Delegate of Economy Social United Nations.
Seminar nasional dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FKIP, Imam Sujadi. Sebelumnya, kegiatan disambut dengan penampilan tari daerah Jawa. Seminar dipandu oleh alumni Fakultas Kedokteran UNS, Sihsusetyaningtyas Tiominar Siregar.
“Kalau mahasiswa ingin menjadi creativepreneur, ciri yang pertama adalah harus menjadi problem solver bukan problem creator. Selain itu, tentu boleh banyak ide, tapi ide tidak boleh terlewat begitu saja. Ide- ide itu akan mati kalau tidak disemai. Jadi, kata kunci bisnis di era digital ini adalah growth, productivity, dan competitiveness. Apabila tidak bisa menjawab itu semua, maka kita akan terganti atau terancam karena tidak bisa mengambil peluang dari era digitalisasi. UNS memiliki modal untuk membudayakan creativepreneur karena sehari-hari kita harus berbudaya ACTIVE,” ujar Wahyudi Sutopo, Kepala Prodi Teknik Industri UNS.
Selanjutnya, Head of Sales and Partnership OVO menerangkan tentang poin penting menjadi pengusaha yang kreatif, yaitu mengetahui 1) Kebutuhan masyarakat atau permasalahan apa yang dihadapi, 2) Kreatif adalah kunci usaha, misalnya membuat desain produk dengan menarik, 3) Cara pemasaran melalui media digital, seperti harus bekerja sama  dengan siapa dan menggunakan media apa, serta 4) Menjalin kerja sama dengan pengusaha lain yang telah sukses dalam bisnisnya. Dalam kesempatan ini, Ang Erick Wirawan juga memaparkan sekilas tentang bagaimana sistem pembayaran digital OVO bekerja sama dengan perusahaan lain serta fitur apa saja yang tersedia di dalamnya.
“Sebagai creativepreneur, tentunya kita harus memiliki visi dan konsep atau keunikan tersendiri dalam menghasilkan suatu ide atau karya yang sesuai dengan karakteristik kita. Sekarang kita hidup di era digital, menurut aku semakin mudah untuk kita membangun personal branding melalui sosial media kita. Yang terpenting adalah kita mengetahui value dan karakteristik yang ingin ditonjolkan atas diri kita untuk orang lain. Jadi intinya, kegiatan-kegiatan yang kita lakukan, bagaimana kita mempresentasikan diri kita kepada orang lain, hal tersebut bisa membangun personal branding kita,” jelas mantan penyanyi cilik, Tasya Kamila, menjawab pertanyaan mengenai personal branding.
Acara yang menjadi agenda tahunan Himannomi UNS ini berhasil mengumpulkan lebih dari enam ratus orang berkumpul menyaksikan seminar nasional pengusaha kreatif dalam bisnis digital, mulai dari mahasiswa hingga kalangan umum. Para peserta berasal dari berbagai universitas/institut/sekolah tinggi yang ada di wilayah Surakarta, Yogyakarta, dan Semarang. humas.red-uns/Zul/Isn
The post Himannomi UNS Gelar Semnas Pengusaha Kreatif dalam Bisnis Digital appeared first on Universitas Sebelas Maret.

I’m Christy from Doxie Customer Care
Friday September 11, 2020

Thank You Note from Doxie Team Thank You Note from Doxie Team June 3, . 2016 Daniel Gibbs Comments 0 Comment Thought this was a nice touch. I registered my Doxie GO Wi-Fi scanner that I had been using for a little while now and …

The post I’m Christy from Doxie Customer Care appeared first on betfair.

How Datera Simplifies Storage for Container Clouds
Friday September 11, 2020

Solutions Data Center . Databases. Containers. Virtualization. DevOps. Clouds. Solutions Overview. Data Center. Databases. Containers. Virtualization. DevOps. Clouds. Solutions. Today’s enterprises depend on leveraging more application s and data than ever before, driving leaders to modernize IT for optimal agility, simplicity and cost savings. From …

The post How Datera Simplifies Storage for Container Clouds appeared first on betfair.

You may also like...